Detail Buku

Internal

Blue Ocean Shift (Pergeseran Samudra Biru): Melampaui Persaingan, Langkah-langkah Teruji Untuk Menghadapi Perubahan

Nomor Buku 11086 658.8
Series - KIM
Pengarang Kim W. Chan, Mauborgne Renee b
Edisi -
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Kota Terbit Jakarta
Tahun Terbit 2018
Subyek Manajemen
Klas 65 - MANAJEMEN, AKUNTANSI
Klasifikasi 658.8
ISBN 978-6020378640
Kolasi xi, 312 hal; 23 cm
Kelompok Berjalan
Abstract

Blue Ocean Shift adalah salah satu buku tentang strategi bisnis paling impactful dalam sejarah yang ditulis oleh duo professor top di sekolah bisnis dan manajemen INSEAD, W. Chan Kim dan Renée Mauborgne. Sejatinya buku ini merupakan edisi lanjutan dari buku Blue Ocean Strategy yang diterbitkan pada tahun 2005 oleh penulis yang sama. Menurut  link dari website resmi kedua buku ini, Blue Ocean Strategy mencatatkan penjualan sebesar 3,5 juta kopi, diterjemahkan ke dalam 44 bahasa, dan merupakan bestseller di 5 benua.

Dalam beberapa bagian di buku ini, penulis menjelaskan bahwa meskipun melakukan riset dengan benchmarking ke kompetitor adalah cara yang baik tetap berada di depan, namun hal ini dirasa kurang efektif untuk pasar yang sudah matured dan sulit untuk berkembang lagi.

Melakukan benchmarking ke kompetitor berarti anda melimitasi ruang berfikir anda secara otomatis. Dengan benchmarking, ini artinya anda menerima secara mentah asumsi yang dianut kompetitor di industri anda.

Sebagai contoh, selama 100 tahun persepsi tentang mobil yang seharusnya adalah ditenagai bahan bakar minyak. Namun, terobosan 10 tahun terakhir ini faktanya mampu melahirkan mobil dengan tenaga listrik. Yang menarik sebenarnya bukan bagaimana ia menciptakan inovasinya, tetapi bagaimana cara berfikir inovator tersebut sehingga mampu memusnahkan persepsi yang sudah ada di industrinya.

Studi kasus lainnya adalah dengan adopsi strategi blue ocean yang dilakukan oleh Bloomberg. Pada tahun 1980an, Reuters, Dow Jones, dan Telerate mendominasi industri penyampaian informasi finansial secara online. Dalam kasus yang dilansir penulis tersebut, ketiga perusahaan itu memfokuskan produk mereka pada manajer IT di perusahaan-perusahaan yang biasanya menginginkan sistem yang mudah dimengerti. Namun Bloomberg mencoba berinovasi dengan menciptakan platform info finansial online kepada traders dan analysts.

Hanya dengan mengganti target pasar mereka untuk produk yang kurang lebih prinsipnya mirip, Bloomberg mampu membuat kompetisi yang sebelumnya berdarah itu menjadi tidak relevan.

Dua kasus tadi hanyalah gambaran mengenai dahsyatnya implementasi blue ocean. Secara garis besar, buku ini harus saya akui punya isi yang solid dan pemaparan studi kasus yang mudah dicerna. Dalam buku ini, Professor Chan Kim dan Rene Mauborgne menjelaskan tiga kunci syarat utama implementasi Blue Ocean Strategy yang efektif.

  1. Mengadopsi perspektif blue ocean sehingga kita dapat memperluas pandangan kita dan mengganti pemahaman kita agar dapat mengidentifikasi peluang untuk berkembang
  2. Memiliki tools praktis untuk menciptakan pasar serta petunjuk bagaimana mengaplikasikannya ke proses eksekusi
  3. Memiliki proses yang humanis atau proses yang ramah dengan perilaku manusia ; proses yang bisa menumbuhkan kepercayaan diri kepada orang-orang yang terlibat agar mau bertanggung jawab dan mendorong proses eksekusi rencana

Ulasan
NOVIAN SUHARDI

Buku yang sangat baik untuk dibaca