Berita


Sumber : Kompas

Peluncuran Buku

Penerbit Buku Kompas meluncurkan buku terbaru berjudul Mengenal Ekonomi Digital karya Agus Sugiarto.

 

Agus Sugiarto, penulis buku ini, pernah menjadi Ketua Tim Arsitektur Perbankan Indonesia, kemudian melanjutkan kariernya di Otoritas Jasa Keuangan sejak 2013. Kini beliau menjabat sebagai Kepala OJK Institute.

 

Agus Sugiarto menulis banyak artikel terkait perkembangan ekonomi, industri keuangan, transformasi digital, edukasi keuangan, dan ekonomi digital di berbagai media nasional. Pengalamannya yang sudah mumpuni itulah yang menjadi alasan Agus untuk menulis buku ini. Dia ingin memperkenalkan lebih jauh konsep dasar dan implementasi dari ekonomi digital serta memberikan pemahaman yang benar mengenai ekonomi digital dengan bahasa yang mudah dipahami.

 

"Buku ini sengaja kami sajikan untuk semua kelompok masyarakat dan pembaca yang memiliki berbagai latar belakang yang berbeda," kata Manajemen penerbit buku Kompas dalam siaran persnya, Selasa (22/2/2022).

 

" Harapan kami, dengan membaca buku ini dapat mendorong kita semua untuk berpikir lebih maju ke depan, memberikan inspirasi melakukan inovasi sebanyak-banyaknya, dan memperbaiki kualitas hidup manusia," sambungnya.

 

Buku yang terdiri dari 184 halaman dan berukuran 13 x 19 sentimeter ini mengartikan ekonomi digital sebagai segala bentuk kegiatan ekonomi yang pencapaian hasilnya diukur dengan menggunakan basis teknologi digital, seperti internet, web, artificial intelligence, virtual reality, robotic, dan blockchain. Revolusi industri ke-4 yang melahirkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai cikal bakal dari digitalisasi telah menimbulkan berbagai disrupsi di hampir semua aspek kehidupan manusia.

 

Era digitalisasi yang sedang berjalan saat ini sudah menjadi bagian dari proses bisnis dan memberikan pengaruh yang luar biasa besar terhadap perilaku masyarakat menuju budaya digital.


"Buku ini tersedia secara fisik di elibrary OJK"