Berita


Sumber : OJK Institute

Bedah Buku "The Truth About Inflation" Bersama Paul Donovan (24 Mei 2022)

Jakarta, 24 Mei 2022. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Institute telah sukses menyelenggarakan kegiatan bedah buku berjudul “The Truth About Inflation” karya Paul Donovan pada tanggal 24 Mei 2022. Kegiatan ini menghadirkan Paul Donovan penulis buku The Truth About Inflation, sebagai pembicara, Prof. Insukindro, Guru Besar Universitas Gadjah Mada, dan Bapak Sahminan, Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, sebagai resentator. Kegiatan Bedah Buku dihadiri oleh 825 peserta yang berasal dari industri jasa keuangan, institusi pemerintah, akademisi, dan masyarakat umum lainnya.

Dalam paparan singkatnya, Paul Donovan menyampaikan bahwa inflasi merupakan isu yang kompleks dan tidak bisa dilihat sebagai single simple number. Inflasi harus dilihat secara luas dan dari berbagai sudut pandang. Beliau juga menyampaikan terkait pentingnya memperhatikan behavioral economics ketika membahas inflasi, terutama mengenai mengapa kita sering kali salah dalam memahami inflasi.

 

Menurutnya, ada dua isu yang menyebabkan kegagalan dalam memahami inflasi. Pertama, terkait loss aversion. Orang-orang cenderung tidak menyukai kehilangan sesuatu dibandingkan menyukai mendapatkan sesuatu. Dengan kata lain, a loss is more serious than a gain. Kedua, terkait frequent bias. Orang-orang cenderung mengingat barang yang sering dibeli dan melupakan barang yang jarang dibeli. Mereka lebih sensitif atau cenderung fokus terhadap perubahan harga, seperti makanan, bahan bakar, dan biaya transportasi, sebagai pendorong utama inflasi dan mengabaikan harga-harga, seperti biaya kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Kedua isu ini menunjukkan bahwa orang-orang cenderung mengingat kenaikan harga dan melupakan penurunan harga, serta mengingat pembelian yang sering dilakukan dan melupakan pembelian yang jarang dilakukan.

 

Setelah paparan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dari diskusi pada sesi tersebut, peserta mendapatkan pemahaman, wawasan, serta gambaran yang lebih jelas terkait apa itu inflasi, bagaimana dampaknya terhadap perekonomian, serta bagaimana untuk meresponnya. Pemahaman tersebut diharapkan dapat bermanfaat untuk para peserta sebagai bekal dalam mengambil keputusan strategis ke depan.

 

Bapak/Ibu peserta bedah buku dapat menonton ulang rekaman kegiatan bedah buku tersebut pada link berikut:

https://bit.ly/OJKIBBmaterials